YAYASAN
PENGAMPU SEKOLAH DAN ASRAMA KRISTEN ( PSAK )
|
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
|
SMK MASEHI
PSAK AMBARAWA
|
Jalan Pemuda 24 Ambarawa Telp./Fax (0298)
591163, email :
smkmasehi@yahoo.co.id
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
|
Sekolah :
SMK MASEHI PSAK AMBARAWA
Mata Pelajaran :
Bahasa Jawa
Kelas/Semester :
X / I
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit (2 x Pertemuan)
Standar
Kompetensi :
Mengungkapkan
pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan melalui berbicara, bertelepon, dan
berdialog dalam ragam bahasa dengan unggah- ungguh bahasa yang sesuai.
Kompetensi
Dasar :
Menceritakan pengalaman.
Indikator :
1. Mampu
menceritakan pengalaman yang lucu atau paling
mengesankan dengan pilihan kata yang sesuai.
2. Mampu
menceritakan pengalaman pribadi
yang lucu atau mengesankan dengan menggunakan intonasi yang tepat.
3. Mampu menceritakan pengalaman pribadi yang lucu
atau mengesankan dengan pelafalan yang benar.
4. Mampu
menceritakan pengalaman pribadi
yang lucu dengan organisasi isi atau penyampaian informasi yang tepat dan
runtut.
5. Mampu menceritakan pengalaman pribadi yang lucu dengan lancar.
Tujuan
Pembelajaran:
1. Siswa
mampu menceritakan pengalaman yang lucu atau paling mengesankan
dengan pilihan kata yang sesuai.
2. Siswa
mampu menceritakan
pengalaman pribadi yang lucu atau mengesankan dengan menggunakan intonasi yang tepat.
3. Siswa
Mampu menceritakan pengalaman pribadi yang lucu
atau mengesankan dengan pelafalan yang benar.
4. Siswa
mampu menceritakan
pengalaman pribadi yang lucu dengan organisasi
isi atau penyampaian informasi yang tepat dan runtut.
5. Siwa
mampu menceritakan
pengalaman pribadi yang lucu dengan lancar.
Metode
Pembelajaran:
·
Demonstrasi
·
Tanya jawab
·
Diskusi
Langkah-langkah
pembelajaran
NO
|
Kegiatan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pend.Karakter
|
1
|
Pertemuan ke-1
|
Awal
·
Berdoa .
·
Salam
·
Mempresensi siswa.
·
Memotivasi siswa.
·
Menjelaskan tujuan. pembelajaran.
·
Melakukan tanya jawab dan mengarahkan
pemahaman siswa mengenai bercerita pengalaman.
Inti
Eksplorasi
·
Guru dan siswa
bertanya jawab tentang pengalaman pribadi. Misalnya, guru mulai dengan
menceritakan contoh-contoh pengalaman pribadi dan menanyakan kepada siswa
pengalaman-pengalaman pribadi yang dimiliki siswa.
Elaborasi
·
Siswa mencermati rekaman tentang pengalaman pribadi lucu yang ditayangkan
guru
·
Guru bersama siswa membahas hal-hal yang harus diperhatikan dalam
bercerita.
·
Guru menayangkan slide power point yang berisi hal-hal yang harus
diperhatikan ketika berbicara.
·
Siswa membentuk kelompok secara berpasangan
dengan teman sebangku.
·
Masing-masing siswa dalam satu pasangan menceritakan pengalaman pribadi
secara bergiliran
·
Teman yang lain dalam satu pasangan memberi tanggapan
dan penilaian dengan mengisi
daftar penilaian yang diberikan oleh guru dan mencatat kesalahan
berbahasanya.
·
Guru memilih beberapa siswa untuk maju ke depan kelas untuk menceritakan
pengalaman pribadi. Pemilihan ini dilakukan dengan permainan tongkat
keberuntungan.
·
Siswa yang lain memberikan komentar kepada temannya yang maju di depan kelas.
Konfirmasi
·
Guru dan siswa menganalisis kesalahan berbahasa secara klasikal.
·
Guru memberikan penghargaan kepada
pekerjaan siswa.
Penutup
Guru
bersama peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil mengajar
pada hari itu.
|
10 menit
30 menit
40 menit
10 menit
|
Keimanan
Keakraban
Menumbuhkan
rasa ingin tahu
Teliti
Kerjasama
Penghargaan
kepada peserta didik .
|
Media
/Sumber Pembelajaran
·
Teks dan rekaman
pengalaman
·
Pepak Bahasa Jawa
·
LCD
Pedoman Penilaian
Proses dan Hasil
Rubrik
Penilaian
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Poin
|
1.
|
Unggah-ungguh basa
|
|
2.
|
Intonasi
|
|
3.
|
Pelafalan
|
|
4.
|
Organisasi Isi
|
|
5.
|
Kelancaran
|
|
|
TOTAL
|
|
Ambarawa , Agustus 2013
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Guru Praktikan
Sundari S. Wargani, S. Pd. Noel Tri
Darmasto
NIY. NIM.
2601410030
Tidak ada komentar:
Posting Komentar