YAYASAN
PENGAMPU SEKOLAH DAN ASRAMA KRISTEN ( PSAK )
|
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
|
SMK MASEHI
PSAK AMBARAWA
|
Jalan Pemuda 24 Ambarawa Telp./Fax (0298)
591163, email :
smkmasehi@yahoo.co.id
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
|
Sekolah :
SMK MASEHI PSAK AMBARAWA
Mata Pelajaran :
Bahasa Jawa
Kelas/Semester :
X / I
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit (2 x Pertemuan)
Standar
Kompetensi :
Mampu mendengarkan dan memahami
serta menanggapi berbagai bentuk wacana lisan nonsastra berupa pengumuman,
berita dan cerita
Kompetensi
Dasar :
Mendengarkan dan menanggapi siaran
atau informasi dari media elektronik (berita dan non berita)
Indikator :
·
Mampu menjawab pertanyaan
seputar isi berita berdasarkan rumus 5W+1H (Siapa, Apa, Dimana, Kapan dan
Bagaimana)
·
Mampu meceritakan
kembali isi atau topik berita.
Tujuan
Pembelajaran:
·
Siswa mampu menjawab
pertanyaan seputar isi berita berdasarkan rumus 5W+1H (Siapa, Apa, Dimana,
Kapan dan Bagaimana)
·
Siswa
mampu meceritakan kembali isi atau topik berita.
Metode Pembelajaran:
·
Tanya jawab
·
Diskusi
·
Presentasi/unjuk kerja
Materi
Pembelajaran :
Teks Berita.
Langkah-langkah
pembelajaran :
NO
|
Kegiatan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pend.Karakter
|
1
|
Pertemuan ke-1
|
Awal
·
Berdoa .
·
Salam
·
Mempresensi siswa.
·
Memotivasi siswa untuk berani berkomunikasi berbahasa Jawa..
·
Menjelaskan tujuan. pembelajaran.
·
Melakukan tanya jawab dan mengarahkan
pemahaman siswa mengenai mendengarkan sebuah berita melalui media elektronik.
Inti
Eksplorasi
·
Guru dan siswa
bertanya jawab mengenai
pengalaman
mendengarkan sebuah berita.
·
Guru
menjelaskan apa yang dimaksud dengan berita.
·
Guru memberikan contoh-contoh berita berbahasa Jawa.
Elaborasi
·
Siswa membentuk kelompok diskusi.
masing-masing kelompok terdiri atas lima siswa.
·
Guru memutarkan rekaman sebuah berita.
·
Masing-masing kelompok berdiskusi mengenai isi
dari berita.
·
Untuk yang kedua kalinya Guru memutarkan
sebuah berita dengan tema tertentu(berbeda dengan berita pertama)
·
Secara individu siswa mendengarkan berita
yang disiarkan melalui rekaman dengan dipandu rumus 5W+1H
·
Siswa menemukan dan mencatat poin-poin
penting tentang isi berita dengan panduan 5W+1H
·
Siswa mampu menjawab pertanyaan seputar isi
berita
·
Siswa mampu menceritakan kembali isi berita
Konfirmasi
·
Guru dan siswa
menganalisis kesalahan
tiap pekerjaan siswa.
·
Guru memberikan penghargaan kepada pekerjaan
tiap siswa.
Penutup
Guru
memberikan refleksi terhadap proses dan hasil mengajar pada hari itu.
|
10 menit
30 menit
40 menit
10 menit
|
Keimanan
Keakraban
Menumbuhkan
rasa ingin tahu
Teliti
Kerjasama
Penghargaan
kepada peserta didik.
|
Media
/Sumber Pembelajaran
·
Rekaman berita
berbahasa Jawa
·
Pepak Bahasa Jawa
·
Power point
Pedoman Penilaian
·
Proses
dan Hasil
·
Unjuk kerja
Ambarawa , Agustus 2013
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Guru Praktikan
Sundari S. Wargani, S. Pd. Noel Tri
Darmasto
NIY. NIM.
2601410030
Tidak ada komentar:
Posting Komentar