Kamis, 03 Juli 2014

RPP Menulis wacana deskripsi tentang budaya Jawa



YAYASAN PENGAMPU SEKOLAH DAN ASRAMA KRISTEN (PSAK)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK MASEHI PSAK AMBARAWA
Jalan Pemuda No 24 Telp / Fax (0298) 591163 PO BOX 110 Ambarawa 50614

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran           : Bahasa Jawa
Kelas / Semester        : X / I
Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit
I.                   Standar Kompetensi
Mampu menulis ungkapan gagasan dalam bentuk wacana narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi.
II.                Kompetensi Dasar
            Menulis wacana deskripsi tentang budaya Jawa.
III.             Indikator
·  Menjelaskan pengertian karangan deskripsi
·  Menyebutkan langkah- langkah menuliskan paragraf deskripsi
·  Membuat paragraf deskripsi tentang budaya Jawa
·  Peserta didik menyusun teks deskrips dari tema yang telah ditentukan.
IV.             Tujuan Pembelajaran
·  Peserta didik dapat menjelaskan pengertian karangan deskripsi
·  Peserta didid dapat menyebutkan langkah- langkah menuliskan paragraf deskripsi
·  Peserta didik dapat membuat paragraf deskripsi tentang budaya Jawa.
V.                Materi pembelajaran
Teks wacana dengan jenis paragraf deskripsi. Paragraf dheskripsi yaiku sawijine paragraph sing nggambarake barang supaya pamaca bisa ndeleng sing disawang panyitra, krungu sing dirungokake panyitra. Pola kanggo ngembangake paragraph dheskripsi yaiku paragraph deskrepsi spasial, paragraph deskrepsi subyektif lan paragraph deskrepsi obyektif.
VI.             Metode Pembelajaran
·         Ceramah
·         Tanya jawab
·         Diskusi
·         Penugasan
·         Analisis kesalahan berbahasa.

VII.          Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Tahap (Fase)
Rincian Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendidikan Karakter
Pertama
Tahap Situasional (Engagement)
Pendahuluan
-    Guru memberi salam, memimpin doa.
-    Mengecek kehadiran siswa.
-    Siswa dikondisikan agar siap melakukan pembelajaran.
-    Siswa menyimak  informasi materi yang akan disampaikan.
-    Siswa menyimak penjelasan mengenai tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan serta manfaat yang akan diperoleh siswa setelah selesai mengikuti pembelajaran tersebut.
10 menit





Religius
Keakraban


Rasa ingin tahu

Tahap Eksplorasi (Eksploration)
Kegiatan Inti
-          Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang pentingnya keterampilan menulis.
-          Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang kesulitan peserta didik  menuliskan paragraf deskripsi.
70 menit





Tahap Elaborasi (Explain)
-   Peserta didik secara mandiri menentukan tema untuk membuat paragraf deskripsi.
-   Guru dengan penuh tanggung jawab membimbing peserta didik untuk menjelaskan pengertian wacana deskripsi.
-   Peserta didik secara terbuka mendiskusikan tentang langkah- langkah menuliskan paragraf deskripsi.
-   Peserta didik secara mandiri membuat paragraf deskripsi tentang budaya Jawa.
-   Peserta didik menyusun teks deskripsi tentaan budaya jawa



Teliti
Motivasi

Tahap Konfirmasi (Extend)
-      Guru memberikan umpan balik positif atas hasil praktek menulis paragraf deskripsi tentang budaya Jawa.
-      Guru dengan kreatif melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
-      Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik terbaik sebagai upaya menghargai prestasi
-      Guru secara terbuka memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif





Penghargaan kepada peserta didik

Tahap Evaluasi (Evaluation)
Penutup
-    Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
10 menit




Religius

VIII.       Alat dan Sumber  Belajar
·         Slide power point
·         Internet
IX.             Alat dan Media Belajar
·         Lembar fotocopian
·         LCD
X.                Penilaian :
a.       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung dengan pengamatan terhadap aspek-aspek keseriusan dan keantusiasan
b.      Penilaian hasil dilakukan dalam bentuk pemberian tugas individu dengan rambu-rambu penilaian (1)Ketepatan dalam menjelaskan pengertian wacana deskripsi, (2) ketepatan dalam menyebutkan langkah- langkah menuliskan paragraf deskripsimengelompokkan fakta dan opini, (3) ketepatan dan kesantunan dalam membuat wacana dekripsi tentang kebudayaan Jawa.

c.       Butir Soal:
1.      Apa  kang diarani wacana dheskripsi iku?
2.      Sebutna urut-urutane nulis paragrap dheskripsi!
3.      Tulisen paragrap dheskripsi ngenani dheskripsi ngenani  budaya Jawa kaya kang temane wis ditemtokake ana ing slide powerpoint.

d.      Kunci Jawaban :
1.Paragraf geskrepsi yaiku sawijine paragraph sing nggambarake barang supaya pamaca bisa ndeleng sing disawang panyitra, krungu sing dirungokake panyitra
2. Nemtokake obyek/ tema sing arep digarap, nemtokake ancas, ngumpulake dhata kanthi ndeleng obyek, nggawe kerangka karangan, lan ngandharake kerangka karangan dadi karangan
3.Ketoprak, wayang, reog,karawitan.

e.       Pedoman Penyekoran :
No
Uraian
Kriteria Ketepatan
Benar
Setengah
Salah
1
Tema paragraf deskripsi
25
25
0
2
Langkah- langkah membuat paragraf deskripsi
25
25
0
3
Kesesuaian tema dengan isi wacana
50
25
0


Total nilai

100

75

0





Mengetahui,
Guru Pamong                                                                                                  Guru Praktikan



Sundari S.Wargani S.pd.                                                                                Noel Tri Darmasto
NIY.                                                                                                                NIM. 2601410030

                                                            Kepala Sekolah



                                                            Dra. Widyantari
                                                            NIY. 6507391

Tidak ada komentar:

Posting Komentar