YAYASAN
PENGAMPU SEKOLAH DAN ASRAMA KRISTEN (PSAK)
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN
SMK MASEHI PSAK AMBARAWA
Jalan
Pemuda No 24 Telp / Fax (0298) 591163 PO BOX 110 Ambarawa 50614
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas
/ Semester : X / I
Alokasi
Waktu : 2
x 45 menit
I.
Standar
Kompetensi
Mampu
menulis ungkapan gagasan dalam bentuk wacana narasi, deskripsi, eksposisi,
argumentasi, dan persuasi.
II.
Kompetensi
Dasar
Menulis
wacana deskripsi tentang budaya Jawa.
III.
Indikator
· Menjelaskan pengertian karangan deskripsi
· Menyebutkan langkah- langkah menuliskan paragraf
deskripsi
· Membuat paragraf deskripsi tentang budaya Jawa
· Peserta
didik menyusun teks deskrips dari tema yang telah ditentukan.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
· Peserta didik dapat menjelaskan pengertian karangan
deskripsi
· Peserta didid dapat menyebutkan langkah- langkah
menuliskan paragraf deskripsi
· Peserta didik dapat membuat paragraf deskripsi tentang
budaya Jawa.
V.
Materi
pembelajaran
Teks wacana dengan jenis paragraf deskripsi. Paragraf dheskripsi yaiku
sawijine paragraph sing nggambarake barang supaya pamaca bisa ndeleng sing
disawang panyitra, krungu sing dirungokake panyitra. Pola kanggo ngembangake
paragraph dheskripsi yaiku paragraph deskrepsi spasial, paragraph deskrepsi
subyektif lan paragraph deskrepsi obyektif.
VI.
Metode
Pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Diskusi
·
Penugasan
·
Analisis kesalahan berbahasa.
VII.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
|
Tahap
(Fase)
|
Rincian
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendidikan Karakter
|
Pertama
|
Tahap
Situasional (Engagement)
|
Pendahuluan
-
Guru memberi salam, memimpin doa.
-
Mengecek kehadiran siswa.
-
Siswa dikondisikan agar siap
melakukan pembelajaran.
-
Siswa menyimak informasi materi yang akan disampaikan.
-
Siswa menyimak penjelasan
mengenai tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan serta manfaat yang akan
diperoleh siswa setelah selesai mengikuti pembelajaran tersebut.
|
10 menit
|
Religius
Keakraban
Rasa ingin tahu
|
|
Tahap
Eksplorasi (Eksploration)
|
Kegiatan
Inti
-
Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang pentingnya keterampilan
menulis.
-
Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang kesulitan peserta
didik menuliskan paragraf deskripsi.
|
70 menit
|
|
|
Tahap
Elaborasi (Explain)
|
-
Peserta didik secara
mandiri menentukan tema
untuk membuat paragraf deskripsi.
- Guru dengan penuh tanggung jawab membimbing peserta
didik untuk menjelaskan pengertian wacana deskripsi.
- Peserta didik secara terbuka mendiskusikan
tentang langkah- langkah menuliskan paragraf deskripsi.
- Peserta didik secara mandiri membuat
paragraf deskripsi tentang budaya Jawa.
- Peserta
didik menyusun teks deskripsi tentaan budaya jawa
|
|
Teliti
Motivasi
|
|
Tahap
Konfirmasi (Extend)
|
-
Guru memberikan umpan
balik positif atas hasil praktek menulis paragraf deskripsi tentang budaya
Jawa.
-
Guru dengan kreatif melakukan
pengamatan atas kinerja peserta didik
-
Guru memberikan
penghargaan kepada peserta didik terbaik sebagai upaya menghargai prestasi
-
Guru secara terbuka memberi
motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif
|
|
Penghargaan kepada
peserta didik
|
|
Tahap
Evaluasi (Evaluation)
|
Penutup
-
Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan
hasil pembelajaran.
|
10 menit
|
Religius
|
VIII. Alat dan Sumber Belajar
·
Slide power point
·
Internet
IX.
Alat
dan Media Belajar
·
Lembar fotocopian
·
LCD
X.
Penilaian
:
a. Penilaian proses dilaksanakan selama
pembelajaran berlangsung dengan pengamatan terhadap aspek-aspek keseriusan dan
keantusiasan
b. Penilaian hasil dilakukan dalam bentuk
pemberian tugas individu dengan rambu-rambu penilaian (1)Ketepatan dalam
menjelaskan pengertian wacana deskripsi, (2) ketepatan dalam menyebutkan
langkah- langkah menuliskan paragraf deskripsimengelompokkan fakta dan opini,
(3) ketepatan dan kesantunan dalam membuat wacana dekripsi tentang kebudayaan
Jawa.
c.
Butir
Soal:
1.
Apa kang diarani wacana dheskripsi iku?
2.
Sebutna
urut-urutane nulis paragrap dheskripsi!
3. Tulisen paragrap dheskripsi ngenani
dheskripsi ngenani budaya Jawa kaya kang
temane wis ditemtokake ana ing slide powerpoint.
d.
Kunci Jawaban :
1.Paragraf geskrepsi yaiku sawijine paragraph sing nggambarake barang
supaya pamaca bisa ndeleng sing disawang panyitra, krungu sing dirungokake
panyitra
2. Nemtokake
obyek/ tema sing arep digarap, nemtokake ancas, ngumpulake dhata kanthi ndeleng
obyek, nggawe kerangka karangan, lan ngandharake kerangka karangan dadi
karangan
3.Ketoprak, wayang, reog,karawitan.
e.
Pedoman Penyekoran :
No
|
Uraian
|
Kriteria
Ketepatan
|
||
Benar
|
Setengah
|
Salah
|
||
1
|
Tema paragraf deskripsi
|
25
|
25
|
0
|
2
|
Langkah- langkah membuat paragraf deskripsi
|
25
|
25
|
0
|
3
|
Kesesuaian tema dengan isi wacana
|
50
|
25
|
0
|
|
Total nilai
|
100
|
75
|
0
|
Mengetahui,
Guru Pamong Guru Praktikan
Sundari S.Wargani S.pd. Noel Tri Darmasto
NIY. NIM.
2601410030
Kepala Sekolah
Dra.
Widyantari
NIY.
6507391
Tidak ada komentar:
Posting Komentar