Nama : Noel Tri Darmasto
NIM : 2601410030
Rombel :
2
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
(RPP)
Sekolah :
SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : 12/1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar
Kompetensi :
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaandalam berbagai jenis
karangan sastra maupun non sastra menggunakan berbagai ragam bahasa jawa sesuai
dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf jawa.
Kompetensi Dasar :
Indikator :
- Mengungkapkan pikiran, gagasan dan pendapat jenis karangan sastra maupun non sastra.
- Mengungkapkan pendapat pada karangan sastra maupun non sastra dengan unggah-ungguh yang sesuai.
- Mengungkapkan pikiran, pendapat dan gagasan berbagai karangan sastra maupun non sastra dengan menuliskanya ke huruf jawa.
- Mampu menulis karya sastra maupun non sastra berdasarkan EYD
Tujuan Pembelajaran :
- Siswa mampu mengungkapkan pikiran, gagasan dan pendapat jenis karangan sastra maupun non sastra.
- Siswa mampu membuat kerangka karangan dari teks wacana yang akan dibuat.
- Siswa mampu menentukan tema yang sesuai dengan apa yang diberikan.
- Siswa mampu membuat wacana sesuai dengan EYD
Materi :
Menulis wacana
argumentasi mengenai budaya jawa.
Metode Pembelajaran :
Pembelajaran
berdasarkan masalah.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
Kegiatan awal :
- Siswa dan guru bertanya jawab mengenai apa yang dimaksud dengan wacana
- Siswa dan guru bertaanya jawab mengenai penulisan wacana dengan baik dan benar
- Siswa memperhatikan dan memahami contoh wacana yang benar melalui media yang telah disediakan guru
Kegiatan Inti :
a.
Eksplorasi
1. Guru
menyampaikan kepada siswa mengenai tata urutan dalam pembuatan sebuah wacana
argumentasi
b.
Elaborasi
2. Siswa
dmembentuk kelompok diskusi yang masing-masing beranggotakan 3 orang.
3. Guru
memberikan contoh permasalahan yang akan menjadi tema sebuah wacana argumentasi
kepada tiap-tiap kelompok.
4. Tiap
kelompok diminta menyusun kerangka wacana berdasarkan tema yang telah diberikan
guru.
5. Tiap
kelompok diminta mengembangkan kerangka wacana yang telah dibuat kedalam bentuk
wacana argumentasi utuh dari permasalahan yang telah disampaikan guru.
6. Guru
memilih beberapa kelompojk untuk mempresentasikan didepan kelas.
7. Tiap
kelompok yang mempresentasikan didepan kelas diminta untuk menampilkan
wacananya melalui media yang telah disediakan.
c.
Konfirmasi
8. Guru
memberikan penilaian berdasarkan aspek-aspek penulisan wacana yang tepat.
9. Guru
meminta kelompok lain untuk memberikan tanggapan kepada kelompoj yang
presentasi.
d.
Kegiatan akhir
10.
Guru dan siswa
merefleksikan jalannya kegiatan pembelajaran.
Media :
Koran, Majalah dan Artikel
Aspek penilaian :
v Koherensi
tema dengan wacana yang dibuat
v Kesesuaian
penulisan wacana berdasarkan EYD
v Kesesuaian
dengan ragam bahasa yang digunakan
v Tingkat
tutur yang sesuai dengan tema dan tujuan wacana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar