Nama :
Noel Tri Darmasto
NIM :
2601410030
Rombel
: 2
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas/Semester : 8/2
Alokasi
Waktu : 2 x 40
menit
Standar
Kompetensi :
Kompetensi
Dasar :
Membaca paragraf berhuruf Jawa yang
terdiri atas 5-7 kalimat.
Indikator :
- Mampu membaca sebuah paragraf berhuruf Jawa yang terdiri atas 5-7 kalimat dengan lancar.
- Mampu membaca paragraf berhuruf Jawa dengan pelafalan yang tepat.
- Mampu membaca paragraf berhuruf Jawa dengan pemenggalan kata yang tepat.
Tujuan
Pembelajaran :
- Siswa mampu membaca sebuah paragraf berhuruf Jawa yang terdiri atas 5-7 kalimat dengan lancar.
- Siswa mampu membaca paragraf berhuruf Jawa dengan pelafalan yang tepat.
- Siswa mampu membaca paragraf berhuruf Jawa dengan pemenggalan kata yang tepat.
Materi :
Membaca paragraf berhuruf Jawa.
Metode
Pembelajaran :
1.
Tanya jawab
2. Pemodelan
3.
Permainan
bergilir
4.
Praktik
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran :
Kegiatan
awal :
- Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan kepada siswa mengenai pengalamam yang berhubungan dengan membaca tulisan berhuruf Jawa.
2.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran pada saat itu.
Kegiatan
Inti :
a. Eksplorasi
1. Guru
memberikan contoh dengan membacakan sebuah kalimat berhuruf Jawa di papan tulis
atau power point.
2. Secara
acak guru menunjuk siswa untuk membaca kalimat berhuruf Jawa yang telah ditulis
atau disediakan.
b. Elaborasi
1. Siswa membuat kelompok
diskusi dengan teman sebangku.
2. Guru memberikan teks
paragraf berhuruf Jawa dan lembar penilaian kepada tiap kelompok.
3. Tiap kelompok bergantian
membaca dan menilai pasangannya pada lembar penilaian yang disediakan.
4. Masing-masing
pasangan tiap kelompok menukarkan hasil penilaian mereka.
c. Konfirmasi
1. Guru meminta siswa maju
satu persatu untuk menilai pembacaan siswa.
d. Kegiatan
akhir
1. Guru
dan siswa merefleksikan jalannya kegiatan pembelajaran.
Media :
1. Teks
paragraf berhuruf Jawa.
2. Lembar
penilaian.
Aspek
penilaian :
Proses dan hasil.
Lembar
penilaian :
No
|
Nama siswa
|
Unsur penilaian
|
Jumlah skor
|
||
Lafal
|
Ketepatan
|
Kelancaran
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1. Rentang
nilai unsur penilaian, 4-10
Kriteria :
·
4-6 kurang baik
·
6-8 baik
·
8-10 sangat baik
2. Total
penilaian, jumlah skor : 3 = 10
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
__________________________ __________________________
NIP.
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar