Nama :
Noel Tri Darmasto
NIM :
2601410030
Rombel
: 2
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas/Semester : 7/1
Alokasi
Waktu : 2 x 40
menit
Standar
Kompetensi :
Mampu mengungkapkan
pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan dalam berbagai jenis karangan
menggunakan ragam bahasa jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis kalimat
berhuruf Jawa.
Kompetensi
Dasar :
Menulis Poster.
Indikator :
- Mampu menulis poster berdasarkan pemilihan diksi yang tepat.
- Mampu menulis poster sesuai EYD yang benar.
- Mampu membuat korelasi yang tepat antara gambar dan kalimat dalam poster.
- Mampu menuliskan amanat atau pesan berdasarkan gambar poster dengan tepat.
- Mampu menulis poster sesuai tema yang telah ditentukan.
Tujuan
Pembelajaran :
- Siswa mampu menulis poster berdasarkan pemilihan diksi yang tepat.
- Siswa mampu menulis poster sesuai EYD yang benar.
- Siswa mampu membuat korelasi yang tepat antara gambar dan kalimat dalam poster.
- Siswa mampu menuliskan amanat atau pesan berdasarkan gambar poster dengan tepat.
- Siswa mampu menulis poster sesuai tema yang telah ditentukan.
Materi :
Gambar bertema.
Metode
Pembelajaran :
a. Pembelajaran
berdasarkan masalah
b. Pemodelan
c. Tanya
jawab
d. Simulasi
e. Kooperatif
f. Observasi
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran :
Kegiatan
awal :
- Siswa dan guru bertanya jawab mengenai apa yang dimaksud dengan poster.
- Siswa dan guru bertaanya jawab mengenai penulisan poster dengan baik dan benar.
- Siswa memperhatikan contoh poster yang benar melalui media yang telah disediakan guru.
Kegiatan
Inti :
a. Eksplorasi
1. Guru
menyampaikan kepada siswa mengenai tehnik dalam pembuatan sebuah poster.
2. Siswa
mencermati tehnik pembuatan poster dari segi
pemilihan diksi, organisasi isi dan EYD
yang tepat.
b. Elaborasi
3. Siswa
dmembentuk kelompok diskusi yang masing-masing beranggotakan 3 orang.
4. Guru
memberikan gambar yang akan menjadi tema sebuah poster kepada tiap-tiap
kelompok.
5. Tiap
kelompok membuat poster berdasarkan tema yang telah diberikan guru.
6. Tiap
kelompok membuat poster berdasarkan pemilihan diksi, organisasi isi dan EYD yang tepat.
7. Tiap
kelompok mempresentasikan poster yang telah dibuat didepan kelas.
8. Tiap
kelompok yang mempresentasikan didepan kelas diminta menjelaskan poster mereka
kepada kelompok lain melalui media yang telah disediakan.
c. Konfirmasi
9. Guru
memberikan penilaian kepada tiap kelompok berdasarkan aspek-aspek penulisan
poster yang tepat.
10. Guru
meminta kelompok lain untuk memberikan tanggapan kepada kelompok yang
presentasi.
11. Guru bersama Siswa mengikuti evaluasi pembelajaran
hari itu.
12. Guru memberikan tugas
individu kepada siswa untuk menulis amanat/pesan dari gambar yang telah diberikan guru.
d. Kegiatan
akhir
13. Guru
dan siswa merefleksikan jalannya kegiatan pembelajaran.
Media :
Gambar bertema
Aspek
penilaian :
v Koherensi
tema dengan poster yang dibuat.
v Kesesuaian
penulisan pesan dalam poster berdasarkan diksi, organisasi isi dan EYD.
v Kesesuaian
poster dengan gambar yang digunakan.
v Tingkat
tutur pesan/amanat yang sesuai dengan tema dan unggah-ungguh yang tepat.
Kelompok
|
1
|
2
|
3
|
dst
|
Koherensi
tema dengan poster yang dibuat.
|
|
|
|
|
Kesesuaian
penulisan pesan dalam poster berdasarkan diksi, organisasi isi dan EYD.
|
|
|
|
|
Kesesuaian
poster dengan gambar yang digunakan.
|
|
|
|
|
Tingkat
tutur pesan/amanat yang sesuai dengan tema dan unggah-ungguh yang tepat.
|
|
|
|
|
Total penilaian
|
|
|
|
|
Keterangan :
Rentang
penilaian tiap aspek, 0 - 10
Total
penilaian, 40 : 4 = 10
Mengetahui
Guru
Mata pelajaran Kepala Sekolah
__________
NIP.
NIP.
Media

Kanthi migatosaken gambar ing nginggil cobi
dipundamel poster ingkang jumbuh kaliyan gambar menika!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar